Kamis, 02 April 2015

Cara Merakit UTP dan Fungsinya





MERAKIT  KABEL UTP (STRAIGHT )

 Kabel UTP STRAIGHT sendiri berfungsi untuk menghubungkan 2 atau lebih device yang berjenis sama, misal PC dengan PC, itu lah fungsi kabel UTP STRAIGHT.

 Inilah langkah Merakit Kabel UTP STRAIGHT:
1. Siapkan semua alat-alat dan bahan. Terdiri dari kabel utp,konektor RJ-45,tang Crimmping. Kelupas jaket kabel UTP secukupnya hingga terlihat 8 kabel kecil yang berwarna – warni.


2. Uraikan kabel menjadi 1 per 1 ,lalu kabel kecil itu di lemaskan dan di luruskan,supaya mudah di masukan ke konektor .








3. Urutkan kabel menurut jenis nya dengan warna,karena ini STRAIGHT maka urutannya adalah :
1.putih orange   3.putih hijau    5.putih biru      7.putih coklat
2.orange             4.biru                6.hijau               8.coklat
Pastikan kedua ujung susunan/urutannya kabel sama karena kabel STRAIGHT.


4. Rapikan ujung-ujung kabel dengan cara Potong ujung kabel dgn menggunakan tang crimping,tujuannya agar saat di masukan ke konektor semua ujung kabel tembaga dapat menempel ke tembaga konektor.
 Ujung –ujung kabel harus sama panjangnya.


5. Setelah sama panjang dan rapi,masukan ujung-ujung kabel ke konektor RJ-45,jangan sampai urutan lepas saat dimasukan ke konektor. Bagian konektor yang condong keluar adalah bagian bawah. Setelah terpasang,kunci konektor dan kabel dengan menggunakan tang crimping. Hingga berbunyi klik,tapi jagan terlalu kuat..takutnya nanti pecah konektornya pecah.


6.  Jika sudah,lakukan langkah yang sama terhadap ujung kabel yang lainnya. Tes menggunakan alat tester atau dengan cara saling PING antar komputer ,Maka ini lah jadinya,kabel utp anda siap digunakan.








(MERAKIT KABEL UTP CROSS OVER)

 
 Kabel UTP CROSS OVER sendiri berfungsi untuk menghubungkan 2 atau lebih device yang berbeda jenis, misal Switch dengan PC, itu lah fungsi kabel UTP CROSS OVER.

Inilah langkah Merakit Kabel UTP CROSS OVER:
1. Langkah nya sama seperti merakit kabel STRAIGHT, hanya saja yang membedakan ujung pertama kabel di susun seperti STRAIGHT, dan yang ujung satunya lagi di susun seperti ini :
 1.putih hijau         4.biru                    7.putih coklat
2.hijau                     5.putih biru         8.coklat 
3.putih orange        6.orange  

Semoga Fungsi Kabel UTP dan Cara Merakitnya dapat berguna bagi pembaca semua .


“SELAMAT  MENCOBA”